Selasa, 27 Mei 2014

6 Jenis olahraga yang aman dilakukan saat hamil

Saat hamil, wanita tentu sangat berhati-hati dalam menentukan kegiatan dan aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Tak sedikit wanita yang berhenti berolahraga karena khawatir hal tersebut bisa membahayakan kehamilannya. Sementara itu, di sisi lain, mereka juga semakin sering tidur dan makan lebih banyak.

Kebiasaan semacam ini justru membuat ibu hamil semakin berisiko terkena banyak penyakit seperti diabetes gestational. Karena itu, ibu hamil juga sebaiknya menyisihkan waktu untuk berolahraga agar tetap bugar. Olahraga akan memberikan energi dan membuat ibu hamil semakin kuat ketika melahirkan.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan wanita saat hamil, seperti dilansir oleh Mag for Women (21/05).

1. Berenang
Berenang adalah salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan wanita saat hamil. Berenang akan mengurangi tekanan pada punggung dan kaki ibu hamil yang mudah lelah. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk seluruh tubuh tanpa membuat wanita merasa capek. Jika mulai lelah, jangan gunakan kaki dan mengambang saja di air. Berenang merupakan olahraga yang paling aman ketika hamil.

2. Berjalan
Saat hamil sebaiknya ibu sering berjalan-jalan. Namun perhatikan juga kecepatan berjalan ibu. Jangan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat. Tujuan berjalan ini adalah untuk olahraga dan bukan untuk menurunkan berat badan. Anda bisa berjalan-jalan ditemani hewan peliharaan atau sendirian. Berjalan-jalan akan membuat Anda lebih tenang dan menghilangkan stres.

3. Tenis
tenis adalah salah satu olahraga terbaik yang bisa Anda lakukan saat hamil. Namun jangan bermain dengan terlalu menggebu-gebu, karena berisiko bisa membahayakan kehamilan Anda, terutama jika bola yang datang terlalu cepat. Anda bisa cepat lelah atau salah urat karena gerakan yang terlalu cepat atau pukulan yang terlalu keras. Lakukan tenis dengan santai dan pelan saja, dan hindarkan perut Anda dari bola.

4. Yoga
Tak semua gerakan yoga aman dilakukan saat hamil. Namun Anda bisa mencoba melakukan gerakan yoga khusus ibu hamil atau sebelum melahirkan. Selalu ikuti arahan instruktur yoga dan lakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukannya. Jangan sampai posisi yoga yang dilakukan salah dan tak nyaman untuk janin.

5. Olahraga statis
Karena bersepeda di luar ruangan bisa jadi tak aman dan tak nyaman, Anda bisa melakukan olahraga menggunakan sepeda statis di dalam rumah. Lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu keras atau cepat.

6. Jogging
Anda bisa melakukan jogging saat hamil. Namun jangan melakukan jogging di jalanan yang terlalu terjal atau tak rata. Jangan berlari terlalu cepat, lakukan jogging dengan santai dan perlahan. Jangan sampai janin merasakan terlalu banyak guncangan saat Anda berlari.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba saat hamil. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai olahraga yang sebaiknya dilakukan. setiap wanita hamil memiliki perbedaan kondisi untuk kehamilan dan kesehatan mereka, karena itu tak ada salahnya meminta rekomendasi dokter mengenai olahraga apa yang boleh dilakukan dan dilarang

sumber www.merdeka.com/sehat/6-jenis-olahraga-yang-aman-dilakukan-saat-hamil.html
Tips rahasia untuk segera hamil silahkan baca web rahasia untuk segera hamil semoga tuhan selalu menyertai anda. aamiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar