Selasa, 27 Mei 2014

Gula, si biang keladi penyebab penyakit jantung

Para peneliti akhirnya menemukan bukti bahwa gula ternyata memiliki efek langsung dalam mengembangkan risiko penyakit jantung serta kemungkinan mampu menyebabkan tekanan darah tinggi.

Penelitian yang dilansir dari indiatimes.com ini menemukan bahwa gula mampu menyebabkan kenaikan tekanan darah dan lipid (lemak darah atau kolesterol) yang keduanya mampu berperan penting dalam memunculkan penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang dilakukan di Otago's Human Nutrition ini membandingkan pola makan di antara 2 kelompok percobaan. Mereka membandingkan pola makan mana yang akan menyebabkan kenaikan gula dan lemak darah yaitu antara mereka yang mengonsumsi gula dan mereka yang mengonsumsi karbohidrat non-gula. Hasilnya, penelitian ini melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi gula memiliki kenaikan tekanan dan lipid yang cukup signifikan.

"Kenaikan ini juga mampu mempengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuh seseorang menjadi menurun. Ketika sistem metabolisme menurun, maka sirkulasi gula darah pun menjadi tidak baik serta berat badan naik. Sehingga penyakit jantung pun mampu menyerang," kata Dr Lisa Te Morenga, salah seorang peneliti.

Penelitian ini ternyata juga telah dipublikasikan secara online di American Journal of Clinical Nutrition.
sumber http://www.merdeka.com/sehat/gula-si-biang-keladi-penyebab-penyakit-jantung.html
Klik rahasia untuk segera hamil terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar